Yoga adalah Olahraga Paket Komplit. Kok bisa? Yuk Simak

 

Buat kamu yang dalam seminggu telah bekerja keras, berpeluh mencari rejeki demi cuan mengalir tiap akhir bulan, pasti ada rasa lelah yang melanda. Atau buat para wiraswasta yang sibuk memikirkan omset setiap harinya. Nah, inilah saatnya ada satu atau dua hari di mana kamu harus rehat dalam seminggu, yaitu dengan cara berolahraga. Berharap mampu menghempaskan pikiran-pikiran tentang pekerjaan, tentang usaha yang sedang kamu rintis, tentang masalah-masalah kehidupan yang lain atau bahkan tentang tetangga kamu yang ngomongnya bikin jengkel. Hahaha. Jadi, olahraga yang seperti apakah yang dimaksud ?

Ada satu olahraga yang tidak hanya untuk kesehatan tubuh semata, tetapi juga untuk kesehatan mental/jiwa dan pikiran. Yoga namanya.  Tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Olahraga yang merupakan perpaduan fisik dan ketenangan jiwa. Perlu untuk sedikit diketahui,dikutip dari artikel Sejarah Singkat Perkembangan Yoga yang tayang di gramedia.com, yoga berasal dari bahasa Sansekerta kuno yaitu “yuj” yang berarti penyatuan, lebih mengarah pada penyatuan atman (diri) dan brahman (Yang Maha Kuasa). Jadi, melalui olahraga yoga ini, seseorang akan lebih baik  dalam mengenal tubuh, pikiran, jiwa, dan seluruh aspek yang ada pada dirinya serta dapat membuatnya semakin dekat dengan Sang Pencipta. Menurut saya, ini adalah paket komplit.

Dok.pri : pose yoga cobra

Yuk, kita kuliti manfaat yoga lebih lanjut yang secara garis besar yaitu menyeimbangkan kekuatan fisik/tubuh, dan pikiran.

a.       Untuk kesehatan fisik/tubuh :

 

  • 1.        Memperlancar sirkulasi darah
  • 2.       Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot tubuh
  • 3.       Melancarkan pernapasan
  • 4.       Mencegah penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit
  •  

b.      Untuk kesehatan jiwa/mental dan pikiran :

 

  • 1.       Menjadikan jiwa menjadi lebih tenang dan memperbaiki mood
  • 2.       Meningkatkan kesabaran
  • 3.       Melatih focus dan konsentrasi
  • 4.       Mengurangi stress
  • 5.       Menumbuhkan rasa percaya diri dan mengurangi pikiran-pikiran negatif

Dok.pri

Dok. pri


a.       Manfaat yang berkaitan dengan kedekatan kepada Sang Pencipta :

 

  • 1.       Menjadikan hati selalu bersyukur atas nikmat kehidupan yang Tuhan beri. Hal ini terlihat dari setiap latihan pernafasan yang dilakukan pada saat yoga. Ada karunia dan rahmat Tuhan dari setiap oksigen yang kita hirup.
  • 2.       Menjadi pribadi yang lebih sabar dan mengingat segala kebaikan Sang Maha Kuasa. Hal ini terlihat dari saat kita yoga, ada gerakan-gerakan yang di hold untuk beberapa saat. Ternyata ini melatih kesabaran dan melihat dalam tentang alat-alat gerak tubuh kita
  • 3.       Menjadikan hati berbahagia karena bisa mengolah seluruh aspek tubuh lewat gerakan-gerakan yoga serta mampu mempertajam indera-indera yang Tuhan berikan
  • 4.       Merasa menyatu dengan alam ciptaanNya saat sesi memejamkan mata dan merasakan udara yang berhembus 

Dok. pri : pose bersama


Saat ber-yoga, jangan lupa siapkan matras yang senyaman mungkin. Tidak tipis tapi juga tidak terlalu tebal. Kalau diperlukan, gunakan kain lap untuk penyangga dagu atau tangan saat ada gerakan tertentu. Jika sekiranya licin, bisa juga memakai kaos kaki. Eitsss, music relaksasinya jangan lupa disetel untuk menambah kenyamanan dan dan ketenangan.

Dok.pri


Itu tadi manfaat-manfaat dari yoga. Paket komplit, bukan? Jadi, udah siap belum nih untuk mencoba yoga? Salam sehat.Namaste



Komentar

Postingan Populer